HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI KELURAHAN TERBAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS GONDOKUSUMAN II 2018

  • Ignasia Yunita Sari STIKES Bethesda Yakkum

Abstract

Latar Belakang : Era digital berkembang cepat dan pesat, seiring dengan berkembangnya gadget. Gadget bukan merupakan barang yang asing, termasuk untuk anak prasekolah. Penggunaan gadget yang tidak sesuai mengganggu proses tumbuh kembang anak.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan durasi penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia prasekolah di Kelurahan Terban wilayah kerja Puskesmas Gondokusuman II Tahun 2018.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan merupakan penelitian survey analitik korelasional dengan metode case control Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 74 responden.

Hasil Penelitian : Hasil uji statistic diperoleh hasil nilai p value = 0,025 ( yang berarti  ada perbedaan proporsi interaksi sosial antara anak yang jarang menggunakan gadget dengan anak yang sering menggunakan gadget. Dari hasil analisis diperoleh pula nilai OR= 4,469, artinya anak yang jarang menggunakan gadget mempunyai peluang 4,469 kali untuk mempunyai interaksi sosial yang baik.

Kesimpulan dan Saran : ada hubungan signifikan antara durasi menggunakan gadget dengan interaksi social. anak yang jarang menggunakan gadget mempunyai peluang 4,469 kali untuk mempunyai interaksi social yang baik. Sebaiknya dilakukan penelitian selanjutnya mengenai faktor yang terkait penggunaan gadgetpada anak prasekolah.

                          

Kata Kunci : gadget, interaksi, interaksi social, prasekolah

 

ABSTRACT

 

Background: The digital age is developing fast and rapidly, along with the development of gadgets. Gadgets are not foreign items, including for preschoolers. The use of inappropriate gadgets interferes with the child's growth process.

Objective: This study aims to identify the relationship between the duration of gadget usage and social interaction in preschool children in the Kelurahan Terban working area of Puskesmas Gondokusuman II in 2018.Method: This study uses a correlational analytic survey with a case control method. The sampling technique used was cluster random sampling with 74 respondents.

Result: The results of the statistical test obtained the value of p value = 0.025 (which means there is a difference in the proportion of social interactions between children who rarely use gadgets and children who often use gadgets. From the analysis results also obtained OR = 4.469, meaning children who rarely use gadgets have the opportunity 4,469 times to have good social interaction.

Conclusion and Reccomendation: There is a significant relationship between the duration of using a gadget and social interaction. children who rarely use gadgets have 4,469 chances to have good social interactions. It is better to do further research regarding factors related to the use of gadgets in preschool children

 

Keywords : gadget, interaction, social interaction, preschool

Published
2019-09-11