PENGARUH BERMAIN MENGGAMBAR DAN MEWARNAI TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH SAAT HOSPITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.35913/jk.v3i2.213Keywords:
menggambar; mewarnai; cemas; prasekolahAbstract
Latar belakang: Masalah yang terjadi pada hospitalisasi adalah anak mengalami kecemasan yang menimbulkan respon fisiologis, perilaku, kognitif dan afektif. Tujuan: Mengetahui pengaruh bermain menggambar dan mewarnai terhadap kecemasan anak prasekolah saat hospitalisasi. Metode penelitian: Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis one group pre-test dan post-test design pada tanggal 28 Januari 28 Februari 2014. Variabel bebas pada penelitian ini adalah bermain menggambar dan mewarnai, sedangkan variable terikatnya adalah kecemasan pada anak prasekolah (usia 3-6 tahun). Sampel penelitian adalah 33 anak prasekolah yang dirawat di salah satu Rumah Sakit Yakkum di Jawa Tengah dengan menggunakan tehnik purpossive sample dengan uji analisis wilcoxson. Alat ukur yang digunakan adalah lembar observasi kecemasan. Hasil: Penelitian menunjukkan p<0,00 artinya bahwa ada pengaruh bermain menggambar dan mewarnai terhadap kecemasan anak prasekolah saat hospsitalisasi.
References
Depkes RI. (2004). Lansia. Diakses pada tanggal 20 April 2014 dari: http//library.usu.ac.id/downloa d/fkm_erna.html.
Tim Redaksi Vitahealth. (2006). Seluk Beluk Pengobatan Alternatif dan Komplementer. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Suyanti & Martiningsih. (2005). Mawar. Jakarta: Penebar Swadaya.