HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Priyani Haryanti STIKES Bethesda Yakkum, Indonesia
  • Santahana Febrianti

DOI:

https://doi.org/10.35913/jk.v3i2.223

Keywords:

pola asuh; kemandirian; usia prasekolah

Abstract

Abstrak

Latar belakang: Karakter kemandirian termasuk salah satu tujuan standar kompetensi Taman Kanak-kanak kurikulum 2004. Pada usia prasekolah anak belajar dengan cara menginternalisasi hasil interaksi dengan orang dewasa. Beberapa anak di TK Desa Argosari tingkat kemandiriannya masih rendah. Tujuan: Mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak Desa Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 2014. Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif  korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi 205 orang tua anak usia prasekolah di TK Desa Argosari. Sampel 56 dengan teknik Cluster sampling. Instrumen berupa kuesioner. Analisis menggunakan uji Chi-square Yate’s Correction. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 46 (82,1%) orang tua menerapkan pola asuh otoritatif, 5 (8,9%) orang tua menerapkan pola asuh permisif dan 5 (8,9%) orang tua menerapkan pola asuh otoriter. 36 (64,3%) anak tingkat kemandiriannya tinggi, 15 (26,8%) anak tingkat kemandiriannya sedang dan 5 (8,9%) anak tingkat kemandiriannya rendah. Hasil uji Chi-square Yate’s Correction diperoleh p value 0,000 (p < 0,05) dan nilai C= 0,747. Kesimpulan: Ada hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia prasekolah di Taman Kanak-kanak Desa Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 2014 dengan tingkat korelasi cukup.

 

Kata kunci : pola asuh; kemandirian; usia prasekolah

References

Badan Pusat Statistik. 2010. Profil anak Indonesia 2011. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA).

Hardjadinata, Y. E. (2009). Batitaku mandiri. Jakarta: Dian Rakyat.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2012). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasional, D. P. (2004). Kurikulum 2004 standar kompetensi taman kanak kanak. Diakses pada 6 April, 2014, dari http://file.upi.edu/

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R.

D. (2009). Human development edisi

Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Supartini, Y. (2004). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta: EGC.

Whaley & Wong's. (2011). Nursing care of infans and children (9 ed). USA: Mosby-Year Book.

Wiyani, N. A. (2013). Bina karakter anak usia dini. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yusuf, S. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-01-27

How to Cite

Haryanti, P., & Febrianti, S. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.35913/jk.v3i2.223

Issue

Section

Original article

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.