Eksplorasi pengalaman belajar mahasiswa keperawatan: hambatan dan harapan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing

Authors

  • Noviyanti Riendrasiwi STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35913/jk.v12i2.642

Keywords:

nursing students, hurdles and hopes, EFL, ESP for nurses

Abstract

Untuk menghadapi persaingan global, mahasiswa perlu membekali diri salah satunya dengan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Karena kebutuhan komunikasi yang spesifik dalam konteks keperawatan, mahasiswa keperawatan mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (English for Specific Purposes-ESP). Namun, belajar Bahasa Inggris dengan kategori ESP bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa kesulitan dan penyesuaian yang perlu dilakukan selama proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa keperawatan dalam belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, sekaligus menggali harapan mereka terhadap proses belajar tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus yang dilakukan terhadap 10 responden mahasiswa keperawatan semester lima. Hasil penelitian menunjukkan enam tema utama terkait hambatan yang dapat dikategorikan dalam hambatan internal dan hambatan eksternal. Eksplorasi tentang harapan menunjukkan bahwa mahasiswa menginginkan perubahan dalam beberapa aspek pembelajaran bahasa Inggris, yang meliputi penerapan sistem levelling, pengurangan jumlah mahasiswa dalam kelas, peningkatan fasilitas belajar, dan pengaturan jadwal yang lebih terstruktur

References

Akbari, Z. (2015). Current challenges in English language teaching/learning for EFL learners: The case of junior secondary and senior secondary schools. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 199,394-401. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.524

Alaraj, M. M. (2016). External Problems and Difficulties of English Language Acquisition: An Investigative Interview to Examine the Thoughts and Feelings of Saudi Students. Journal of Language Teaching and Research 7(3):484 DOI:10.17507/jltr.0703.07

Alharbi, Manal F., Sahar M. Yakout. (2018). English language proficiency and academic performance of Nursing Students speaking English as a second language. DOI: 10.2478/pielxxiw-2018-0035. Retrieved from https://intapi.sciendo.com/pdf/10.2478/pielxxiw-2018-0035

Berman, G., & Berman, S. (2018). The effect of leveling systems on language learning motivation in academic settings. Journal of Language Learning, 45(2), 152-167.

Chen Q, Jin Y, Zhong L, Li Y, Fu L, Zhang W, and Xu Q. (2024 ) Application effect of the online and offline mixed education mode in nursing practice based on the SMCR communication model. Front. Med. 11:1350975. doi: 10.3389/fmed.2024.1350975

D'Astoli, P. (2016). The importance of learning foreign languages in today's world. Retrieved from https://www.linkedin.com/pulse/importance-learning-foreign-languages-todays-world-paul-d-astoli

Getie, A. S. (2020). Factors affecting the attitudes of students towards learning English as a foreign language. Cogent Education, 7(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2020.1738184

Graham, S. (2020). The impact of class size on student participation and performance in language courses. Educational Research Review, 32(4), 223-238.

Hamied, F. A. (2017). Research Methods: A Guide for First-Time Researchers. Bandung: UPI PRESS.

Pennycook, Alastair. (2024). The Importance of Learning Foreign Languages in a Globalized World. Journal of Foreign Language Education and Technology. Short Communication - (2024) Volume 9, Issue 2. Retrieved from https://www.jflet.com/articles/the-importance-of-learning-foreign-languages-in-a-globalized-world-

Sihombing, T., & Siahaan, J. (2019). Technology-enhanced language learning in nursing education: The case of multimedia-based listening practice. Nursing Education Perspectives, 40(1), 45-52.

Downloads

Published

2025-01-21

How to Cite

Riendrasiwi, N. (2025). Eksplorasi pengalaman belajar mahasiswa keperawatan: hambatan dan harapan dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Jurnal Kesehatan, 12(2), 202–213. https://doi.org/10.35913/jk.v12i2.642

Issue

Section

Original article

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.