Optimalisasi sistem manajemen bed Rumah Sakit Bethesda Yakkum Yogyakarta untuk mempercepat administrasi pasien pulang rawat inap

Authors

  • Yohanes Eko Priyo Wibowo RS Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia
  • Dewi Setia Rini RS Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia
  • Yohana Puji Dyah Utami RS Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35913/jk.v12i2.661

Keywords:

sistem manajemen bed, rawat inap, administrasi pasien pulang, action research, peningkatan mutu

Abstract

 Pelayanan rawat inap yang bermutu dapat diukur melalui kelancaran proses administrasi pasien pulang yang pengukuran waktunya dapat dipantau secara digital dengan sistem manajemen bed. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan informasi tentang optimalisasi sistem manajemen bed yang dapat mempercepat waktu administrasi pasien pulang rawat inap di Rumah Sakit Bethesda Yakkum Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain action research yang terbagi dalam tahap diagnosing action, planning action, taking action, dan evaluating action. Intervensi yang dilakukan adalah dengan memberlakukan langkah digital sistem manajemen bed sebagai satu-satunya pintu masuk pemulangan pasien rawat inap dan komunikasi serta koordinasi yang intensif untuk menyampaikan umpan balik pelaksanaan. Terdapat peningkatan persentase ketercapaian administrasi pasien pulang kurang dari 2 jam yaitu pada bulan Januari-Maret 2024 pencapaiannya sebesar 29,40%, pada bulan April 2024 sebesar 50,17%, dan pada akhir bulan Mei-Juli 2024 sebesar 66,91%. Rata-rata waktu administrasi pasien pulang rawat inap pada bulan Januari-Maret 2024 adalah 3 jam 18 menit, pada bulan April 2024 adalah 2 jam 28 menit, dan pada bulan Mei-Juli 2024 adalah 2 jam 9 menit. Masih perlu dilakukan upaya peningkatan terus-menerus dan tidak hanya berhenti sampai tercapainya target indikator mutu administrasi pasien pulang, namun juga sampai kembali tersedianya kamar atau bed untuk pasien-pasien yang akan masuk rawat inap, baik itu dari rawat jalan maupun IGD.

References

Graban, M. (2018). Lean hospitals: Improving quality, patient safety, and employee engagement, third edition. In Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement, Third Edition. https://doi.org/10.4324/9781315380827

Indra, S. N., & Pujiyanto. (2023). Faktor Yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pemulangan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit X Tahun 2022. 8(9), 4770–4785. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.13488

Lee, S. Y., Chinnam, R. B., Dalkiran, E., Krupp, S., & Nauss, M. (2021). Proactive coordination of inpatient bed management to reduce emergency department patient boarding. International Journal of Production Economics, 231(January), 1–6. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2020.107842

Purbaningrum, L., & Utarini, A. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Terkait Infeksi Kateter Intravena Perifer dengan Siklus PDSA. Journal of Hospital Accreditation, 03, 57–61.

Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 287 (2008).

Stansbury, N., Marlow Taylor, R., & Wueste, B. (2021). A Quality Improvement Approach to Early Patient Discharge. Pediatric Quality and Safety, 6(6), E497. https://doi.org/10.1097/pq9.0000000000000497

Supriadi, & Putri, P. (2020). Waktu Tunggu Pemulangan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Swasta X Di Tangerang Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v2i2.100

Weir, M. B. S., Vordtriede, C., Lee, J. E., Metter, E. J., & Talbot, L. A. (2023). An Interdisciplinary Dashboard to Streamline Medication Processing at Patient Discharge: A Quality Improvement Initiative. Military Medicine, 188(7–8), E1449–E1455. https://doi.org/10.1093/milmed/usab526

Wirandari, R. E. R., & Utarini, A. (2019). Penerapan Lean Management Untuk Menurunkan Waktu Tunggu Proses Pemulangan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. The Journal of Hospital Accreditation, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.35727/jha.v1i2.41

Wiryawan, W., Suryawati, C., & Pramukarso, D. T. (2022). Pelaksanaan Rencana Pulang H-1 pada Pasien Rawat Inap di RSUP Dr Kariadi Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), 164–174. https://doi.org/10.14710/jmki.10.2.2022.164-174

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Priyo Wibowo, Y. E., Setia Rini, D., & Puji Dyah Utami , Y. (2025). Optimalisasi sistem manajemen bed Rumah Sakit Bethesda Yakkum Yogyakarta untuk mempercepat administrasi pasien pulang rawat inap. Jurnal Kesehatan, 12(2), 332–343. https://doi.org/10.35913/jk.v12i2.661

Issue

Section

Original article

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.