KARAKTERISTIK CLINICAL INSTRUCTOR DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS

Authors

  • I Wayan Sudarta STIKES Bethesda Yakkum, Indonesia
  • Yullya Permina
  • Ratna Puspita Adiyasa

DOI:

https://doi.org/10.35913/jk.v7i2.163

Keywords:

Clinical Instructor - Characteristic – Indeks - Prestasi

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Pendidikan keperawatan bertujuan mempersiapkan mahasiswa keperawatan untuk menjadi lulusan yang mampu memberikan pelayanan keperawatan yang profesional dan berkualitas, termasuk dalam praktik klinik pelayanan mahasiswa kepada pasien. Clinical Instructor (CI)/ pembimbing klinik mempunyai peran yang penting dalam proses pembimbingan mahasiswa keperawatan. Khususnya bagi mahasiswa keperawatan yang sedang menjalani program pendidikan profesi ners. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik clinical instructor dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners. Metode: Penelitian ini menggunakan design deskriptif  korelasi dengan teknik pengambilan sampel dengan total sampling sejumah 55 responden. Hasil: karakteristik Clinical Instructor paling banyak adalah dalam kategori sangat baik dengan jumlah 52  responden (94,54%) dan sebagian besar pesponden memperolah IPK kategori Cumlaude dengan jumlah 52 responden (94,54%). Uji Analisis Bivariate Kendal Tau menunjukkan bahwa hasil p-value = 0,672 > ? = 0,05. Kesimpulan: tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik Clinical Instructor dengan nilai Indeks Prestasi Komuliatif Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Saran: Penelitian lebih jauh tentang topik ini dengan metode kualitatif mungkin dapat dilakukan untuk semakin memperkaya pengetahuan.

 

Kata Kunci: Clinical Instructor -  Characteristic – Indeks - Prestasi

References

Ahmadi dan Supriyono. (2004). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Depdikbud RI. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dewi, K.A. (2019). Perbedaan caring stress pada perawat pria dan wanita. Malang: Program Studi Psikologi Universitas Brawijaya
Efendi, F., & Makhfudli. (2009). Keperawatan kesehatan komunitas: Teori dan praktik dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Hungu, F.T. (2005). Pedang bermata dua bagi perempuan. Yogyakarta: Kerjasama Ford Foundation dengan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM
Kurniawati. (2014). Hubungan Karakteristik Pembimbing Klinik dengan Keterampilan Klinik Asuhan Persalinan Normal Pada Mahasiswa Program Diploma III Kebidanan. Indonesian Journal of Education and Midwifery Care. Vol 1(1). Diambil dari : http://ijemc.unpad.ac.id/ijemc/article/view/79/66
Sari, D.W.P ., Sari. R.P., Qusuma, I.F. (2016). Peran pembimbing klinik dan pelaksanaan keselamatan pasien oleh mahaiswa profesi ners. Semarang: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Nursalam & Efendi. (2008), Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Niken, dkk. (2016) Pembimbingan Klinik Dalam Keperawatan. Yogyakarta: Kepel Press.
Pieter, H.Z., & Lubis (2013). Pengantar psikologi untuk kebidanan. Jakarta: Kencana.

Rahma. (2012). Pengaruh faktor internal terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiwa jurusan keperawatan UIN Alauddin Makassar. Skripsi: UIN Allaudin Makasar. Diambil dari : http://repositori.uin-alauddin.ac.id/3146/1/Rahma%20K.pdf

Saputri. (2015). Hubungan karakteristik individu dan gaya belajar terhadap pencapaian nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa di Akademi Keperawatan Yayasan Rumah Sakit Jakarta. Jurnal Teknologi Vol 18(2). Diambil dari : http://repository.unas.ac.id/105/

Downloads

Published

2020-04-03

How to Cite

Sudarta, I. W., Permina, Y., & Adiyasa, R. P. (2020). KARAKTERISTIK CLINICAL INSTRUCTOR DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS. Jurnal Kesehatan, 7(2), 75–82. https://doi.org/10.35913/jk.v7i2.163

Issue

Section

Original article

Citation Check