GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG UPAYA PENANGANAN DISMENORE DI SMP IT INSAN CENDEKIA DOYO BARU KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Nasrianti nasrianti STIKES Jayapura
  • Yanti Stikes Jayapura
  • Hasnia Stikes Jayapura
  • Makmun Stikes Jayapura

Keywords:

Dismenore, Pengetahuan, Remaja

Abstract

Latar Belakang: Dismenore adalah nyeri saat haid, biasanya dengan rasa kram dan terpusat di abdomen bawah seringtreadi pada wanita dan remaja putri yang mengganggu aktivitas dan kesehatan remaja bila tidak mengetahui penanganan yang baik. Pengetahuan merupakan faktor yang penting dalam upaya penanganan disemnore pada remaja. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang upaya penanganan dismenoredi SMP IT Insan Cendekia Doyo Baru Kabupaten Jayapura. Metode penelitian: Jenis penelitian ini menggunakan desriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross sectonal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswi-siswi kelas VII, VIII dan IX dengan menggunakan minimal sample sebanyak 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebanyak 24 pertanyaan, menggunakan skala Guttman dan dianalisis secara univariat. Hasil penelitian: gambaran pengetahuan remaja putri tentang upaya penanganan dismenore di SMP IT Insan Cendekia Doyo Baru Kabupaten Jayapura sebanyak 2 orang (6,7%) pengetahuan baik, 12 orang (40%) pengetahuan cukup dan 16 orang (53,3%) pengetahuan kurang. Kesimpulan: sebagian besar remaja memiliki pengetahuan yang kurang tentang dismenore karena kurangnya informasi yang tepat.

Author Biographies

Yanti, Stikes Jayapura

Keperawatan Maternitas

Hasnia, Stikes Jayapura

Maternitas

Makmun, Stikes Jayapura

Keperawatan Maternitas

References

Ariani, A. P. (2014) Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan dan Kesehatan

Reproduksi.Yogyakarta: Nuha Medika.

Februanti (2019). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenore Di SMPN 9 Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada Volume 17 Nomor 1 Februari 2017.

Haerani. (2020). Deskripsi Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenore di Kelurahan Benjala Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Medika Alkhairaat: Jurnal Penelitian Kedokteran dan Kesehatan 2(2): 197-206

Hasibuan, Y. T. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Dismenore Pada Remaja Putri di SMA Negeri 10 Medan. Medan: Poltekes Kemenkes Medan.

Huda, A. I. (2020). Hubungan Antara Status Gizi, Usia Menarche dengan Kejadian Dysmenorrhea Primer pada Remaja Putri di SMPN 3 Jember. E-Journal Pustaka Kesehatan, vol. 8 (no. 2), Mei, 2020.

Kemenkes RI. (2017). Survey Demografi Kesehatan Indonesia Remaja. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak. Jakarta: Kemenkes RI.

Marmi., S., & Margiyati, S. (2013). Pengantar Psikologi Kebidanan. Buku Ajar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nelly, S. (2019). Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenore Di Yayasan Pendidikan SMA Swasta Pencawan Medan Tahun 2019. Medan: Poltekes Kemenkes Medan.

Pinem, S. (2014). Kesehatan Reproduksi dan Kontrasepsi. Jakarta: TIM.

Pramudita, N. J. (2016). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Kelas XI Tentang Dismenore Primer di Man Wates I Kulon Progo. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.

Sarumaha, T. (2021). Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Penanganan Dismenore di SMPN 1 Gunungsitoli Alo’oa Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa Kota Gunungsitoli. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.

Setyowati, H. (2018). Akupresur Untuk Kesehatan Wanita Berbasis Hasil Penelitian. Magelang : Unimma Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitaif dan Kuantitatif R& D. Bandung: Alpabetha.

Sukarni., E & Margareth, A. (2019). Kehamilan, Persalinan dan Nifas. Jakarta: Nuha Medika.

Wati, L. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dengan Penanganan Dismenore di SMAN 10 Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Politeknik Kesehatan Kendari.

WHO. (2022). Dismenorrhea Adolescent. http://www.who.int.com. diakses 2 Februari 2022.

Yuliana, E. (2017). Analisis Pengetahuan Siswa. Skripsi. Magelang: FKIP UMP.

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Original article