Koping spiritual pada Penyitas Stroke
Keywords:
stroke, penyitas stroke, koping spiritualAbstract
Yogyakarta menjadi provinsi dengan prevalensi stroke tertinggi di Indonesia, mencapai 11.4% pada tahun 2023. Penyintas stroke yang bertahan hidup harus menghadapi berbagai efek jangka panjang yang berpengaruh pada kualitas hidup mereka, termasuk masalah mobilitas, kelelahan, gangguan emosional, dan penurunan fungsi kognitif. Dalam menghadapi kondisi ini, mekanisme koping yang diterapkan oleh penyintas stroke menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas hidup mereka setelah stroke. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Tempat penelitian adalah kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel didapatkan hingga data jenuh. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah sepuluh orang. Penelitian ini menghasilakan 48 koding dan empat tema besar yaitu Koping spiritual menjadikan seseorang berfikir posistif, dukungan spiritual dari orang lain meningkatkan koping, praktik spiritual yang dilakukan penyintas stroke, dan koping spiritual meningkatkan penerimaan terhadap kondisinya. Kondisi penyintas stroke tidka mudah untuk dihadapi mereka harus beradaptasi dengan kondisi tubuhnya yang berubah tiba-tiba. Dukungan dari tenaga Kesehatan, keluarga, dan komunitas akan membantu penyintas stroke untuk mempunyai koping yang adaptif. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat meneliti dukungan spiritual yang tepat diberikan kepada penyintas stroke.
References
Albaugh, J. A. (2003). Spirituality and Life-Threatening Illness : 30(4), 593–598.
Arafat, Rosyidah., Sitorus Ratna., Mustikasari. Spiritual Coping in People Living with Stroke. International Journal of Caring Sciences May-August 2018 Volume 11. Issue 2: Page 658
Aspinal, F., Hughes, R., Addington‐Hall, J., & Higginson, I. J. (2003). JAN Forum: your views and letters. Journal of Advanced Nursing, 44(6), 653–653. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2003.02904.x
Baqutayan, S. M. S. (2015). Stress and coping mechanisms: a historical overview. In Mediterranean Journal of Social Sciences (Vol. 6, Issue 2 S1).
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2s1p479
Deak, V., & Mengga, R. C. (2023). The Role of Prayer as Spiritual-Religious Coping in the Healing Process in the Perspective of Christian Psychology. International Journal of Social and Management Studies, 4(4), 54–64.
Cabaço SR, Caldeira S, Vieira M, Rodgers B. Spiritual coping: a focus of new nursing diagnoses. Int J Nurs Knowl. 2018;29(3):156–164. [PubMed: 28247567]
Chow, E. O. W., Becker, H. N. (2010). Spiritual distress to spiritual transformation : stroke survivors narratives from Hongkong. Journal of Aging Studies, 24 : 313 – 324
Folkman, S., & Moskowitz, J. T. (2007). Positive affect and meaning-focused coping during significant psychological stress. The Scope of Social Psychology: Theory and Applications, 10, 193–208.
Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1986). Stress processes and depressive symptomatology. Journal of Abnormal
Psychology, 95(2), 107–113. https://doi.org/10.1037//0021-843x.95.2.107
Hatamipour, K., Rassouli, M., Yaghmaie, F., Zendedel, K., & Majd, H. A. (2015). Spiritual needs of cancer patients: A qualitative study. Indian Journal of Palliative Care, 21(1), 61–67. https://doi.org/10.4103/0973-1075.150190
Meng, K., Zdrahal-Urbanek, J., Frank, S., Holderied, A., & Vogel, H. (2006). Patients’ expectations, motivation and multi-dimensional subjective and objective socio-medical success in medical rehabilitation measures. International Journal of Rehabilitation Research, 29(1), 65–69. https://doi.org/10.1097/01.mrr.0000185955.33046.fd
Omu, O., Alobaidi, S., Reeynolds, F.(2014). Religious faith and psychosocial adaptation among stroke survivors in Kuwait. A mix method study. Journal of religion and health, 53(2) : 538 – 551.
Park, C. L. (2007).Religiousness/spirituality and health: A meaning systems perspective. Journal of Behavioral Medicine, 30, 319–328. https://doi.org/10.1007/s10865-007-9111-x
Pargament K. I. (1997). The psychology of religion and coping. Theory, research, practice. Guilford Press. Pargament, K. I. (2001). The psychology of religion and coping: Theory, research, practice. Guilford Press
Purnama R. Penyelesaian stress melalui coping spiritual. Al-Adyan Jurnal Studi Lintas Agama. 2017;12(1):70–83.
Rao, A., Sibbritt, D., Phillips, J. L., & Hickman, L. D. (2015). Prayer or spiritual healing as adjuncts to conventional care: A cross sectional analysis of prevalence and characteristics of use among women. BMJ Open, 5(6), 1–9. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2014-007345
Tix, A. P., & Frazier, P. A. (1998). The use of religious coping during stressful life events: Main effects,moderation, and mediation. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 66(2), 411–422. https://doi.org/10.1037//0022-006x.66.2.411
Travelbee, J. (1971). Interpersonal aspects of nursing (2nd ed.). Philadelphia, PA: F. A. Davis.
Shara, L. (2020). Zikir sebagai sarana peningkatan kecerdasan spiritual perspektif tasawuf (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu)
Walsh ME, Galvin R, Loughnane C, Macey C, Horgan NF. Community re-integration and long-term need in the first five years after stroke: results from a national survey. Disabil Rehabil. 2014:1–5