HUBUNGAN LAYANAN TELEMEDICINE DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT

Authors

  • Rhesmi Yuliani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Yullya Permina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta

Keywords:

Telemedicine, kepuasan, rawat jalan

Abstract

Latar Belakang: Layanan telemedicine di rumah sakit dilakukan dari skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian. Keluhan layanan telemedicine lama dan waktu konsultasi tidak sesuai yang dijanjikan Tujuan: Mengetahui hubungan layanan telemedicine dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi 84 pasien dengan jumlah sampel 37 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat ukur kuesioner layanan telemedicine dan kuesioner tingkat kepuasan pasien. Uji statistik korelasi dengan spearman rank. Ethical clearance diterbitkan KEPK Rumah Sakit Bethesda dengan nomor surat 134/KEPK-RSB/XI/22.  Hasil: Hasil uji statistik spearman rank dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05 didapatkan P-value 0,000<0,05 dengan nilai koefisien korelasi 0,611. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara layanan telemedicine dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit dengan tingkat keeratan kuat. Saran: Rumah sakit dapat meningkatkan layanan telemedicine yang mudah, tepat waktu, efektif, dan cepat. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan faktor-faktor tingkat kepuasan.

Downloads

Published

2023-07-30