HUBUNGAN FUNGSI AFEKTIF KELUARGA DENGAN MINAT BELAJAR DARING KELAS V DAN VI DI SD NEGERI 2 TIHULALEPADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Fungsi Afektif Keluarga, Minat Belajar Daring, COVID-19Abstract
Fungsi afektif keluarga merupakan dasar utama untuk memenuhi kebutuhan psikososial, seperti saling mengasuh, kasih sayang, saling menerima, kehangatan dan saling mendukung antara anggota keluarga. Minat belajar merupakan perhatian, kesukaan, dan minat seseorang terhadap proses belajar yang sedang berlangsung. Minat belajar siswa tidak terlepas dari dukungan keluarga, karena peran keluarga dalam hal ini sangat diperlukan untuk membangun minat dan semangat pada diri siswa sehingga memicu minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara fungsi afektif keluarga dengan minat belajar daring kelas V dan VI di SD Negeri 2 Tihulale pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Jumlah sampel penelitian 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Uji Somer’s D. Fungsi afektif keluarga pada kategori kurang baik sebanyak 48% dan minat belajar daring pada kategori sedang sebanyak 78%. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh Nilai p-value sebesar 0,433 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara fungi afektif keluarga terhadap minat belajar daring kelas V dan VI di SD Negeri 2 Tihulale pada masa pandemi COVID-19.