FAKTOR MEDIS DAN FAKTOR NON-MEDIS YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS BERBAH SLEMAN TAHUN 2022

Authors

  • Hesti Cahyaningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Yullya Permina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta

Keywords:

faktor medis, faktor non medis, kepuasan pasien

Abstract

Latar Belakang: Puskesmas merupakan pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perorangan di wilayah kerjanya. Hasil studi pendahuluan yang adanya kurang informasi tentang pengobatan dan adanya keluhan menunggu pelayanan kesehatan yang lama. Tujuan: Penelitian dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan pada era pandemi Covid-19 di Puskesmas Berbah Sleman tahun 2022. Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi 457 orang dan sampel penelitian ini 68 orang, dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur kuesioner. Analisa data menggunakan uji univariat dan uji korelasi spearman rank. Hasil: Hasil analisis pada kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 54.4% (37 orang). Hubungan faktor medis dengan kepuasan pasien (p-value 0.011). Hubungan faktor non-medis dengan kepuasan pasien (p-value 0.002). Hasil analisis keeratan antara variabel faktor medis dan faktor non-medis dengan kepuasan pasien memiliki hubungan keeratan yang sedang. Kesimpulan: Ada hubungan antara faktor medis dan non-medis dengan kepuasan pasien rawat jalan pada era pandemi Covid-19 di Puskesmas Berbah Sleman. Saran: Diharapkan Puskesmas Berbah dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan.

 

Downloads

Published

2023-07-30