HUBUNGAN PENDAMPINGAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Authors

  • Emy Novitri Ningrum RS Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang
  • Ethic Palupi STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta

Keywords:

Gadget, Anak Pra Sekolah, Pendampingan Orang Tua, Interaksi Sosial

Abstract

Latar Belakang: Era digital saat ini berkembang dengan pesat. Gadget tidak hanya digunakan oleh kalangan dewasa dan remaja, tetapi juga digunakan oleh usia prasekolah. Gadget mempunyai daya tarik tersendiri bagi anak. Karena gadget dapat digunakan untuk mengisi berbagai macam aplikasi, seperti game, video online hingga aplikasi pelajaran. Penggunaan gadget ini akan mempengaruhi interaksi sosial anak dengan lingkungannya. Interaksi sosial adalah bagian dari pertumbuhan sosial berupa keahlian anak dalam berhubungan dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Interaksi sosial penting diajarkan pada anak semenjak umur dini. Tujuan: Mengetahui hubungan pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia pra sekolah.  Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi jumlah seluruh siswa yaitu 60 siswa dengan jumlah sampel 60 responden menggunakan teknik pengambilan total sampling. Instrumen yang digunakan angket pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget dan angket interaksi sosial dengan analisa data uji spearman rank. Hasil: Hasil uji spearman rank didapatkan hasil P value 0,048 < 0,05 maka dapat disimpulkan data penelitian terdapat hubungan pendampingan orangtua dalam penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak usia pra sekolah di Taman Kanak-Kanak Sang Timur Semarang. Saran: Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggali lebih dalam factor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak.

Downloads

Published

2024-01-10