Self confidence Perawat dalam Handling complaint di Salah Satu RSUD DIY

Authors

  • Dea Febri Utami Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia
  • I Wayan Sudharta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia
  • Yullya Permina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia
  • Resta Betaliani Wirata Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Self confidence, Perawat, Handling complaint

Abstract

Komplain terhadap rumah sakit menjadi masalah di setiap negara. Komplain atau keluhan pasien di Indonesia juga muncul pada banyak rumah sakit, salah satunya pada unit perawatan rawat inap. Selama periode tahun 2023 sampai Februari 2024 dalam Google Reviews di salah satu RSUD DIY terdapat 11 reviews negatif dari total keseluruhan 30 reviews  pengunjung rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Self confidence perawat dalam handling complaint dan mengidentifikasi karakteristik responden di salah satu RSUD DIY tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan retrospektif. Ethical clearance tanggal 02 Agustus 2024 dengan nomor No.119/KEPK.02.01/VIII/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat di di salah satu RSUD DIY yang berjumlah 58 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis non probability sampling dengan tekhnik sampling jenuh (Total Sampling), jumlah  sampel 58 perawat. Pengumpulan data dengan menggunakan adopsi kuesioner SCS (Self confidence scale). Analisa data menggunakan persentase data yang dikumpulkan dari jawaban kuesioner. Hasil penelitian mayoritas usia responden 21-35 tahun, berjenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir D III, tingkat PK II, jenis pegawai PPPK dan BLUD. Analisa univariat menunjukkan Self confidence  perawat dalam handling complaint dalam kategori percaya diri tinggi dengan persentase 100%.

Published

2025-02-19

Citation Check