EFEKTIFITAS TERAPI BUTTERFLY HUG TERHADAP KESEHATAN MENTAL: STRES ORANG TUA DENGAN ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DI SLB YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.35913/jk.v11i1.400Keywords:
Anak Kebutuhan Khusus, Butterfly Hug, StresAbstract
Pendahuluan : Orang tua dengan anak kebutuhan khusus berisiko mengalami stres karena ketidakmampuan anak untuk diatur maupun penyesuaian dri dengan lingkungan. Salah satu jenis terapi yang dapat membantu menangani stres adalah Butterfly Hug. Butterfly Hug adalah teknik psikoterapi untuk menenangkan suatu amarah dan membuang rasa trauma perasaan seseorang. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasi-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest tanpa menggunakan control group. Hasil Penelitian: hasil uji wilcoxon menunjukan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,00. Karena Nilai P value < α : 0,05, maka Hα diterima dan Hο ditolak. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektifitas Terapi Butterfly Hug terhadap kesehatan mental: stres Orang Tua Dengan Anak Kebutuhan Khsusu Di SLB Yogyakarta. Saran: Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan mencari pembanding yang sepadan dengan Terapi Butterfly Hug untuk dapat diambil mana yang lebih efektif dalam mengatasi maslaah Kesehatan Mental: Stres
References
Agus M. Hardjana, 2011. Stres Tanpa Distres: Seni Mengolah Stres Yogyakarta:
Kanisius.
Artigas, L. (2020). EMDR-Integrative Group Treatment Protocol for Ongoing Traumatic Stress (EMDR- IGTP- OST). New York, NY: Springer Publishing
Artigas, L., Jarerro Ignacio. (2014). The butterfly hug method for bilateral stimulation
Donsu, Jenita DT. (2017). Psikologi Keperawatan.Yogyakarta : Pustaka Baru
Press
Ekawarna, H. 2018. Manajemen Konflik dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara
Gomes, Fernando Cardoso. 2015. Perpustakaan Nasional Timor Leste. Skripsi. Universitas
Gadjah Mada
Hildegardis (2021). Pengaruh butterfly hug terhadap tingkat stres mahasiswa tingkat empat (4) Program Studi Sarjana Keperawatan dalam penyusunan skripsi di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2021. Skripsi. STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta
Irwanto. (2008).Motivasi dan Pengukuran Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Olsson & Hwang. (2008). Socioeconomic and psychological variables as risk and protective factors for parental well-being in families of children with intellectual disabilities. Journal of Intellectual Disability Research. https://doi.org/10.1111/j.1365-2788.2008.01081.x
Menunjang Studi Mahasiswa FISIP Universitas Sam Ratulangi. Journal
“Acta Diurna”. 3 (4), 1-11
Ramadhan, M. 2013. Ayo Belajar Mandiri Pendidikan Keterampilan dan
Kecakapan Hidup untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Javalitera
Tangkudung, J.P.M (2014). Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin Dalam
Yosep, I. (2013). Keperawatan Jiwa (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama