Gambaran pelaksanaan perawat penanggung jawab asuhan (ppja) rumah sakit swasta di Yogyakarta
Keywords:
Perawat, PPJA, Rumah sakitAbstract
Peningkatan tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit menuntut adanya strategi yang tepat untuk memenuhi harapan ini. Dalam hal ini, koordinasi yang efektif di dalam organisasi sangat penting untuk menciptakan sinergi yang baik. Pelayanan keperawatan yang menyeluruh memerlukan profesionalisme dari perawat pengelola maupun perawat pelaksana. Salah satu metode yang dapat memaksimalkan pelayanan keperawatan adalah sistem Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA). Rumah sakit swasta di Yogyakarta telah mulai menerapkan metode PPJA ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan PPJA di rumah sakit swasta di Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan 40 responden PPJA. Alat ukur yang diterapkan adalah kuesioner, dan analisis data dilakukan secara univariat. Penelitian ini telah mendapatkan izin etik, dengan nomor 089/KEPK. 02. 01/VI/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia antara 36 hingga 45 tahun, dengan pendidikan terbanyak adalah profesi ners. Berdasarkan lamanya bekerja, sebagian besar responden memiliki pengalaman kerja lebih dari 4 tahun, dan 30 responden mengindikasikan bahwa pelaksanaan PPJA berlangsung dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PPJA di rumah sakit swasta di Yogyakarta berada pada tingkat yang baik. Oleh karena itu, disarankan agar rumah sakit terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan melalui penerapan metode PPJA.
References
Atik, A., Chandra, N. P., & Novita, N. (2022). Implementasi dan Prosedur Hand Over oleh PPJA untuk Memberikan Mutu Layanan dan Keamanan Pasien. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1214–1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.548
Christiana, N. D., Intening, V. R., Sudarta, I. W., & Permina, Y. (2022). Hubungan Penerapan Metode Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA) dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang C dan Catleya Rumah sakit Betehsda Yogyakarta tahun 2022. STIKES Bethesda Yakkum.
Cindy, I. T., Permina, Y., Sudarta, I. W., & Intening, V. R. (2022). Hubungan beban kerja dengan tingkat stres perawat masa pandemi COVID-19 di rumah sakit Myria Palembang Sumatera Selatan Tahun 2021. Jurnal Kesehatan, 9(2), 92–101. https://doi.org/10.35913/jk.v9i2.241
Heryyanoor, H., & Febriana, A. (2023). Dampak Kepemimpinan Situasional Manajer keperawatan Terhadap Kepuasan dan Kinerja Perawat di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4, 779–785.
Kuntoro, A. (2020). Manajemen keperawatan. Muha Medika.
Listyaningsih, E., & Sukoco, S. (2016). Hubungan Persepsi Perawat, Bidan Tentang Gaya kepemimpinan Kepala Ruang dengan Kinerja Perawat dan Bidan di Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta 2015. Jurnal Kesehatan STIKES Bethesda Yakkum, 4. https://jurnal.stikesbethesda.ac.id/index.php/jurnalkesehatan/article/view/55
Mukhoirotin, M., Efendi, S., Limbong, M., Hidayat, W., Rumerung, C. L., Sihombing, R. M., Kadang, Y., Siringoringo, S. N., Cathryne, J., & Aji, Y. G. T. (2021). Pengantar Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.
Nadila, N., Setiawan, H. and Rizany, I. (2020) ‘Beban Kerja dengan Kualitas P ,endokumentasian Asuhan Keperawatan sesuai SNARS’, Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 3(2), p. 62. Available at: https://doi.org/10.32584/jkmk.v3i2.598.
Nela, A., Machmud, R, Susanti, M. (2022). Hubungan Kompetensi Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA) dengan kualitas Handover pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr. M.Djamli Padang tahun 2020. Jurnal Endurance: Kajian Ilmuaih problema Kesehatan. E-ISSN-2477-6521. DOI :http://doi.org/10.22216/jen.v6il.5799
Nursalam. (2014). manajemen keperawatan : aplikasi dalam praktik keperawatan profesional.
Permenkes (2014). Peraturan Menteri Kesehatan republik Indonesia No. 69 Tahun 1014 Tentang kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Menteri kesehatan Republik Indonesia. Diakses di file:///C:/Users/USER/Downloads/Permenkes%20Nomor%2069%20Tahun%202014.pdf
Rahmawati, IN., Ahsan, Putra RR., Noviyanti, LW., Ningrum, EH. (2021) Upaya Peningkatan Kemampuan Perawat Dalam Implementasi Model Asuhan Keperawatan Profesional (Makp) Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang. Caring Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 1, No. 1, 2021 Hal. 10-20
Sudarta, I. W., & Kristiana, S. (2019). Hubungan Persepsi, Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Sikap Caring Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R.M Soedjarwadi Jawa Tengah 2018. Jurnal Kesehatan, 6(2), 78–87. https://doi.org/10.35913/jk.v6i2.119
Suhariyanto, Achmad, D., Kapadia, R., Soeli, Y. M., Haryati, T. S., & Handiyani, H. (2022). Peningkatan Asuhan Terintegrasi Melalui Peran Perawat Penanggung Jawab Asuhan. Jurnal Keperawatan, 14 No. 2, 1–8. file:///C:/Users/USER/Downloads/1.+Supp+Udayana+JK+v14+n2+hal+1-8(Suhariyanto).pdf
Wulandari, C. I., & Wihardja, H. (2021). Peningkatan Upaya Patien-Centered Care (PCC) oleh Perawat Melalui Optimalisasi Peran Perawat Penanggung Jawab Asuhan (PPJA). Jurnal Unika Widya Karya Malang, 06 No.02. https://asawika.journalwidyakarya.ac.id/index.php/asawika/article/view/65/58
e-Diklat RSUP Dr. Kariadi. (2023). Pelatihan Kompetensi Perawat Penanggungjawab Pasien (PPJA) RSUP Dr. Kariyadi. Diakses di https://ediklat.rskariadi.id/main/pelatihan/detail/QU44UCtpb1ZFY3FQbEpjUUdIR0c0QT09#:~:text=Seorang%20PPJA%20memiliki%20tugas%20merencanakan,dengan%20DPJP%20atau%20PPA%20lain