GAMBARAN PERSEPSI STRESS AKADEMIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DAN FAKTOR YANG TERKAIT PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
Kata Kunci:
stres akademik, persepsi stres, Covid-19, mahasiswa keperawatanAbstrak
Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai efek negatif, termasuk kondisi stres yang juga terjadi di lingkungan akademik. Individu dapat mempersepsikan peristiwa stres sebagai tantangan dan ancaman. Dalam konteks akademik, ketika tujuan pendidikan dipersepsikan sebagai stresor yang menantang, kondisi ini akan menimbulkan rasa kompetensi. Sebaliknya, ketika tujuan pendidikan dipersepsikan sebagai ancaman, maka dapat mengembangkan stres yang mengarah pada prestasi akademik yang lebih rendah. Penelitian ini mengeksplorasi gambaran stres akademik yang dialami mahasiswa keperawatan dan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan stres akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa keperawatan. Metode deskriptif digunakan dengan responden 66 mahasiswa keperawatan yang dipilih secara acak dengan kriteria inklusi mahasiswa aktif, terlibat dalam pembelajaran online, dan bersedia berpartisipasi dalam penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas responden adalah perempuan. Sebagian besar responden menyatakan puas dengan kondisi lingkungan belajar dan juga dengan kondisi lingkungan rumah. Namun, faktor-faktor yang berhubungan dengan stres akademik tidak memberikan korelasi yang kuat terhadap prestasi akademik. Sebagian besar responden memiliki persepsi akademik yang tinggi, yang tercermin dari keyakinan mereka akan kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan studi lebih lanjut, terutama terkait dengan proses evaluasi akademik di mana sebagian besar responden menganggap proses evaluasi sebagai sumber stres. Dengan demikian, modifikasi metode evaluasi dapat menjadi solusi alternatif dalam proses evaluasi akademik.