PENGARUH DEEP TISSUE MASSAGE TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI
DOI:
https://doi.org/10.35913/jk.v3i2.217Keywords:
Deep tissue massage; hipertensi; lansiaAbstract
Latar Belakang: Hipertensi merupakan masalah yang harus segera diatasi untuk mencegah munculnya permasalahan baru. Salah satu tindakan keperawatan yang dapat diterapkan yaitu dengan massage. Tujuan: Peneltian ni dilakukan untuk mengetahui pengaruh deep tissue massage terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi di Posyandu Mangga Plembutan Barat Playen Gunungkidul September 2013. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan One group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia penderita hipertensi, sampel berjumlah 29 responden dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Analisis data dilakukan dengan uji Paired-Samples T Test. Alat ukur dalam pemberian deep tissue massage yaitu dengan menggunakan standar operating procedure serta pengukuran tekanan darah menggunakan sphygmomanometer air raksa dan stetoskop. Hasil: Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai p 0,00 (p< 0,05) dengan perbedaan rata-rata MAP sebelum perlakuan dan MAP sesudah perlakuan antara 13.24 mmHg sampai 18.47 mmHg. Kesimpulan: Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan gambaran tekanan darah melalui perhitungan MAP sebelum dan sesudah diberi intervensi deep tissue massage. Deep tissue massage dapat melancarkan aliran darah ke jantung sehingga menyebabkan penurunan tekanan darah. Rekomendasi: Penelitian ini dapat mendasari penelitian selanjutnya dengan lebih memperhatikan variabel confounding, meggunakan kelompok kontrol, dan menggunakan karakteristik responden yang lebih variatif.
References
Nasional, D. P. (2004). Kurikulum 2004 standar kompetensi taman kanak kanak. Diakses pada 6 April, 2014, dari http://file.upi.edu/
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R.D. (2009). Human development edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.
Santrock, J. W. (2011). Masa perkembangan anak edisi 11. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.